Cara Membuat Blog Baru Gratis di Wordpress dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Blog di WordpressWordpress merupakan salah satu penyedia layanan dalam pembuatan website yang populer digunakan oleh pengguna internet. Di wordpress Anda dapat membuat berbagai jenis Website, seperti Social Network, Social Bookmark, Online Store dan lain sebagainya termasuk juga Blog.

Mungkin Anda bertanya apa perbedaan Website dan Blog ? Secara gampang saja, semua yang ada di internet disebut website. Akan tetapi website sendiri memiliki banyak jenisnya. Blog sendiri merupakan bagian dari Website.

Blog adalah suatu aplikasi web yang diakses secara online dan biasanya dikelola secara perorangan. Blog berfungsi sebagai media dalam menuangkan berbagai ide, ataupun mengenai catatan pribadi dalam bentuk tulisan yang di publikasikan melalui posting. Dalam blog, Anda juga bisa menambahkan foto, video dan lain sebagainya. Ketika mempublikasikan artikel di blog, maka artikel tersebut dapat dilihat oleh semua orang di dunia.

Blog kini semakin berkembang hingga mampu dijadikan alat untuk menghasilkan uang. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat menghasilkan uang dari blog, salah satunya melalui media iklan. Iklan yang di tampilkan di blog, ketika seseorang visitor ( pengunjung blog ) melakukan klik pada iklan yang ditampilkan maka pemilik blog akan mendapatkan penghasilan dari klik tersebut.

Bukan hanya Wordpress saja yang menyediakan layanan dalam pembuatan blog secara gratis, ada banyak penyedia layanan blog gratis yang tersebar di internet. Salah satu yang paling terpopuler adalah Blogger.com ( Baca : Cara Membuat Blog di Blogger ), jika di Indonesia ada Blogdetik.com.

Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress


SoloFine akan memberikan contoh dalam membuat blog di Wordpress. Sebelum Anda mulai membuat blog, siapkan Email yang akan Anda gunakan untuk pendaftaran blog Wordpress. Anda bisa menggunakan Email dari Yahoo ataupun dari Gmail untuk mendaftar di Wordpress. Jika Anda belum mempunyai Email, bisa segera membuatnya ( Baca : Cara Membuat Email di Gmail atau Cara Membuat Email di Yahoo ).

Jika telah siap dengan Email, maka langkah pertama kunjungi https://id.wordpress.com maka akan terlihat tampilan halaman seperti berikut.

Wordpress

Silahkan Isi kolom dengan nama Blog yang Anda inginkan. Misalkan : " okeoke " maka blog Anda nantinya adalah " okeoke.wordpress.com ". Selanjutnya klik Buat Situs Web.

Form Pendaftaran Blog Wordpress

Silahkan Anda isi Alamat Surel dengan Email Anda. Nama Pengguna, isi dengan nama Anda. Sandi, isi dengan sandi yang Anda inginkan. Selanjutnya Scrol ke bawah hingga Anda menemukan daftar paket wordpress.

Paket Pendaftaran Blog Wordpress

Silahkan Anda memilih Wordpress.com Pemula dan klik Buat Blog. Anda akan dibawa pada halaman mengatur Blog Anda.

Atur Blog Wordpress

Isi kolom Judul Blog dengan judul blog yang Anda inginkan. Misal " Oke Blog ". Slogan, silahkan isi deskripsi singkat blog Anda. Bahasa, pilih Bahasa Indonesia jika Anda menggunakan bahasa Indonesia untuk ngeblog. Kemudian klik Langkah Berikutnya.

Pilih Tema Blog Wordpress

Tahan selanjutnya Anda dapat memilih tema untuk blog Anda, pilih tema yang telah disediakan, ada tema yang gratis dan ada juga yang bayar. Pilih saja tema yang gratis, kemudian klik pada tema untuk menyesuaikan dengan blog Anda, maka Anda nanti akan dibawa pada editor tema. Jika tidak ingin menyesuaikan langsung klik Langkah Berikutnya.

Verifikasi Pendaftaran Blog Wordpress

Pada langkah ini Anda tinggal menverifikasi pendaftaran blog Anda. Verifikasi akan dikirim melalui email yang Anda daftarkan tadi. Silahkan menuju Email Anda dan cek kotak masuk kemudian Anda klik link verifikasi yang dikirim ke Email. Jika berhasil maka akan tampil seperti berikut ini.

Blog Wordpress Anda Siap

Setelah Anda mengverifikasi, maka Blog Anda di Wordpress siap digunakan. Silahkan memulai mengisi blog Anda dengan artikel tentang ide-ide atau catatan Anda. Silahkan klik Tambahkan Sebuah Pos Baru untuk memulai membuat artikel.

Untuk melakukan Log In di blog Anda silahkan Anda kunjungi http://id.wordpress.com dan klik Log Masuk. Selesai.

Terima kasih telah membaca artikel mengenai Cara Membuat Blog di Wordpress. Jika Ada yang belum mengerti, silahkan tanya melalui komentar.


Berita Terkait Lainnya