Kulit dan Buah Manggis : Manfaat, Khasiat Buah Manggis

Manfaat dan Khasiat Kulit Buah ManggisTaukah Kamu apa Manfaat, khasiat buah manggis serta kulitnya? Sebelum mengetahuinya, ada baiknya kita bahas asal usul buah manggis. Buah manggis atau dalam bahasa latin disebut Garcinia mangostana berasal dari Asia Tenggara. Buah yang memiliki warna merah keunguan serta memiliki rasa yang manis tersebut dapat tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia. Pertumbuhan pohon buah manggis tergolong lambat, bahkan untuk berbuah memerlukan waktu setidaknya 10 tahun. Pohon buah manggis dapat tumbuh hingga mencapai 25 meter.

Kandungan Buah Manggis

Buah Manggis di kenal sebagai buah yang banyak memiliki manfaat bagi manusia. Dalam buah manggis terkandung senyawa xanthone sebagai antioksidan, antiproliferativ, dan antimikrobial. Namun bagian buah manggis yang memiliki kandungan paling banyak adalah di bagian kulit buah manggis. Dari uji aktivitas antioksidan yang dilakukan UGM menunjukkan, berdasar parameter EC50 degan metode DPPH dengan pembanding vitamin C. Hasil di dapat EC50 sebesar 8,5539 μg/mL dan nilai EC50 vitamin C adalah 3,3676 μg/mL. Kandungan Antosianin dalam 100 gram kulit manggis adalah 59,3 mg.
Antosianin adalah pigmen yang bisa larut dalam air.
Antioksidan adalah zat yang mampu menangkal reaksi oksidasi dari radikal bebas

Manfaat dan Khasiat Kulit Buah Manggis


Buah Manggis
Selain memiliki rasa yang enak untuk di makan, Buah Manggis memiliki berbagai manfaat dan khasiat bagi tubuh manusia.  Apa manfaat dan khasiat kulit buah manggis bagi kesehatan ?

Kandungan yang terdapat dalam kulit manggis dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit kronis, seperti Jantung, Kolesterol, kanker, batu ginjal, wasir, sesak nafas dan sebagainya. Kandungan Anti-oksidan yang terkandung dalam kulit manggis juga mampu mencegah penuaan dini.

Manfaat lainnya yaitu mampu mengurangi peradangan dalam tubuh manusia. Peradangan yang ada dalam tubuh manusia dapat menyebabkan penyakit yang serius, seperti Diabetes dan Jantung. Dengan meminum buah manggis secara rutin, maka akan mengurangi resiko peradangan yang terjadi pada tubuh.

Banyak penelitian dilakukan terhadap buah manggis, beberapa diantaranya para peneliti dari Taipe mengatakan jika zat garcinone E yang terkandung dalam manggis dipercaya mampu mengobati beberapa jenis kanker. Sedangkan para peneliti Jepang mengatakan jika zat alpha-mangostin yang terdapat dalam buah manggis mempunyai efek chemopreventive, dengan demikian jika buah manggis dikonsumsi dalam jangka waktu panjang maka akan mampu mengurai resiko pertumbuhan tumor.


Senyawa Utama dalam Kulit Manggis


Antosianin

Antosianin adalah pigmen yang bisa larut dalam air. Merupakan senyawa anti-oksidan yang memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kangker. Senyawa ini mampu mengobati beberapa penyakit, seperti Diabetes.

Tanin

Sama halnya dengan Antosianin, Tanin merupakan anti-oksidan dengan jenis polifenol. Senyawa ini mampu mengobati beberapa penyakit, seperti Diabetes.

Xanthone

Xanthone juga merupakan senyawa anti-oksidan, Xanthone memiliki beberapa turunan yaitu alfa-mangostin yang memiliki manfaat mengurangi perkembangan senyawa karsinogen di usus besar dan gamma-mangostin yang memiliki manfaat sebagai senyawa anti-inflamasi.


Cara mengolah Kulit Buah Manggis


Setelah Anda mengetahui berbagai manfaat kulit manggis, maka Anda juga harus tahu bagaimana cara mengolah kulit buah manggis. Anda dapat mengolah kulit manggis dengan bermacam cara, seperti dibuat jus, dimasak dengan air atau yang lainnya tergantung selera Anda.  

Cara termudah mengolah muah manggis yaitu dengan merebusnya dengan air, caranya cuci kulit buah manggis hingga benar-benar bersih, kemudian masak kulit buah manggis dalam 4 gelas air hingga sisakan 2 gelas air. Minumlah secara rutin. Jika Anda ingin Mengolah kulit manggis menjadi Jus, caranya dengan mengambil kulit bagian dalam dari buah manggis. Kemudian tuangkan pada mesin pembuat jus, Anda bisa menambahkan madu agar lebih nikmat. Dan jus buah manggis siap diminum.

Berita Terkait Lainnya