Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dengan Mudah dan Cepat

Blog merupakan suatu aplikasi web yang diakses secara online dan biasanya dikelola secara perorangan. Blog berfungsi sebagai media dalam menuangkan berbagai ide, ataupun mengenai catatan pribadi dalam bentuk tulisan yang di publikasikan melalui posting. Dalam blog, Anda juga bisa menambahkan foto, video dan lain sebagainya. Ketika mempublikasikan artikel di blog, maka artikel tersebut dapat dilihat oleh semua orang di dunia.

Blog kini semakin berkembang hingga mampu dijadikan alat untuk menghasilkan uang. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat menghasilkan uang dari blog, salah satunya melalui media iklan. Iklan yang di tampilkan di blog, ketika seseorang visitor ( pengunjung blog ) melakukan klik pada iklan yang ditampilkan maka pemilik blog akan mendapatkan penghasilan dari klik tersebut.

Penyedia Layanan Untuk Membuat Blog Gratis ? Banyak sekali penyedia layanan blog gratis, yang paling populer digunakan oleh pengguna internet diseluruh dunia yaitu Blogger dan Wordpress. Untuk penyedia layanan blog gratis Indonesia yang terkenal yaitu Blogdetik. Anda bisa menggunakan salah satu layanan tersebut untuk membuat blog secara gratis.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger


SoloFine akan memberikan contoh Bagaimana cara membuat blog di blogger. Untuk membuat blog di Blogger, Anda diharuskan memiliki Email dari Gmail. Karena Blogger merupakan produk dari Google, maka jika Anda telah memiliki Email di Gmail maka otomatis Anda juga telah memiliki akun di blogger. Karena satu akun google dapat untuk mengakses semua produk Google. Dengan begitu, Anda tinggal log in menggunakan alamat Email Gmail dan Password Anda. Namun jika Anda belum memiliki Email di Google, maka Anda harus membuatnya dulu ( Baca: Cara Membuat Email di Gmail ).

Jika Anda telah memiliki Email di Gmail, Maka Anda tinggal masuk ke http://www.blogger.com, jika komputer Anda dalam keadaan Log In menggunakan email Gmail, maka akan otomatis di redirect ke halaman blogger, namun jika tidak Anda tinggal Log In menggunakan Email Gmail Anda.

Tampilan Halaman Blogger

Langkah selanjutnya dengan klik tombol Blog Baru, dan akan menampilkan form untuk pembuatan blog baru Anda. Silahkan isi kolom yang tersedia sesuai keinginan Anda.

Isian Pendaftaran Blogger
Pada kolom Judul Blog silahkan Anda isi dengan judul blog yang Anda inginkan.

Misalkan : " Pardi Blog " atau " Tips Ngeblog "

Pada Kolom Alamat silahkan isi dengan alamat blog yang Anda inginkan. Pastikan alamat blog tersedia. Jika alamat blog tidak tersedia ganti dengan kata lain. dan tidak boleh menggunakan spasi.

Misalkan : " pardiblog "  nanti alamat Anda akan menjadi " pardiblog.blogspot.com ".

Pada kolom " Template " Anda bisa memilih template yang akan Anda gunakan. Silahkan klik pada template yang Anda inginkan. Nantinya template blog bisa diganti sesuka Anda.

Selanjutnya klik Buat Blog! dan Blog Anda siap digunakan. Cek blog Anda dengan klik Lihat Blog.

 

Bagaimana Menulis Artikel di Blogger

Setelah selesai Membuat Blog di Blogger maka Anda siap untuk menulis Ide atau catatan Anda kedalam Blog. Caranya dengan klik tombol Pensil Orange dan akan menampilkan halaman untuk memulai menulis.

Halaman Post Editor Blogger

Petunjuk dalam menulis di Blogger.

1. Pada kolom Entri beri judul artikel Anda. Misalkan : " Cara Membuat Blog "

2. Selanjutnya tulis artikel Anda pada kolom editor entri. Anda bisa memilih menulis dengan mode Compose dan HTML, agar lebih memudahkan Anda dalam menulis artikel setting pada mode Compose saja.

Pada bagian kanan terdapat menu Setelan Entri, Silahkan lakukan setting pada menu tersebut.

1. Pada kolom Label, silahkan masukkan label artikel Anda. pisahkan label dengan koma. Misal : Blog, Tutorial, sesuaikan dengan topik artikel Anda.

2. Pada menu Jadwal, Anda dapat mengatur kapan artikel akan di publikasikan.
Otomatis : Akan menyesuaikan waktu ketika Anda mempublikasikan artikel.
: Artikel yang Anda publikasikan akan sesuai dengan setting yang Anda lakukan.
3. Pada menu Tautan Permanen, Anda bisa menyesuaikan url artikel Anda.
Tautan Permanen Otomatis: Maka akan otomatis mengambil dari judul artikel Anda.
Tautan Permanen Khusus : Anda bisa mengatur url artikel sesuai keinginan Anda. 
4. Pada Menu Lokasi, Anda bisa menentukan lokasi Anda pada artikel tersebut.

5. Pada menu Deskripsi Penelusuran, Silahkan beri deskripsi singkat tentang artikel Anda. Ini akan muncul pada pencarian di mesin pencari.

6. Pada menu pilihan, silahkan setting sesuai yang Anda inginkan.
Mode Tulis : Pilih Tunjukkan HTML apa adanya
Mode Baru : pilih Tekan " Enter " untuk baris baru
Jika Anda telah selesai menulis artikel, Anda bisa langsung mempublikasikan artikel Anda dengan klik tombol Publikasikan. Tombol Simpan untuk menyimpan artikel Anda. Tombol Pratinjau untuk melihat pratinjau dari artikel Anda. Tombol Tutup untuk keluar dari editor artikel.

Jika ada hal-hal yang belum dimengerti silahkan tanya melalui komentar.

Berita Terkait Lainnya