Tips Ampuh Belanja Secara Online Agar tidak Tertipu

Tips Aman Belanja Secara Online Agar tidak TertipuPada era sekarang ini, membeli suatu barang di internet adalah hal yang sudah biasa dilakukan. Bahkan banyak orang memilih membeli secara online dengan berbagai alasan, salah satu alasannya efisiensi. Banyaknya masyarakat yang tertarik membeli secara online karena kini banyak bermunculan situs toko online yang menjual berbagai produk, hampir semua produk dijual di Internet.

Bahkan beberapa toko online besar menawarkan sesuatu yang luar biasa kepada pelanggannya. Seperti gratis ongkos kirim, pembayaran ditempat ( COD ), dan voucher menarik. Hal itulah yang membuat banyak orang tertarik untuk berbelanja melalui online.

Tidak dipungkiri, disamping banyaknnya situs toko online terpercaya, bahwa banyak juga toko online yang tidak bertanggung jawab alias penipu. Sebagai pembeli, Anda tentu harus hati-hati jika akan membeli sesuatu barang secara online. Maka dari itu Anda harus tahu tips aman berbelanja online supaya Anda tidak tertipu ketika berbelanja online.

Tips Belanja Online Secara Aman


SoloFine akan memberikan beberapa tips dalam belanja online aman serta mudah sekali Anda terapkan. Salah satu Tips ampuh agar tidak tertipu belanja online yaitu :

Jika Anda tidak ingin tertipu membeli secara online maka carilah toko online dengan sistem Bayar di tempat atau biasa disebut Cash On Delivery ( COD ). Dengan begitu akan sangat aman, karena Anda membayar ketika barang pesanan Anda sampai di tangan Anda. Biasanya Toko online yang menyediakan sistem tersebut hanya Toko Online besar, seperti Lazada, Zalora dan toko online besar lainnya.

Bagaimana jika tidak ada sistem bayar di tempat ( COD ) ?


1. Cari Info mengenai Toko Online tempat Anda Belanja
Mencari info tentang toko online sangat penting. Biasanya toko online yang terpercaya memiliki informasi kontak yang jelas dan dapat dihubungi. Carilah info di mesin pencari mengenai toko online tersebut. Jika mencurigakan, carilah situs toko online lainnya.

2. Jangan Tergoda Barang Murah
Jika ada toko online yang menjual dengan harga dibawah rata-rata atau murah sekali, maka Anda patut curiga. Tinggalkan situs tersebut, jika Anda ridak yakin.

3. Penjual mau menggunakan pembayaran melalui Rekening Bersama
Jika tidak ada opsi untuk Bayar di tempat ( COD ), demi keamanan transaksi Anda, silahkan hubungi penjual untuk melakukan transaksi pembayaran melalui Rekening Bersama ( RekBer ). Salah satu penyedia Rekber terpercaya yaitu ekipay.com. Rekening Bersama ( RekBer ) memiliki sistem yang hampir sama dengan Cash On Delivery ( COD ).

4. Simpan Bukti Transaksi
Jika Anda telah melakukan pembelian di toko online tempat Anda belanja, baiknya simpan semua bkti transaksi. Mulai deskripsi produk serta harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Anda dengan penjual.

Selamat berbelanja Online. 

Berita Terkait Lainnya