Jenis Kunyit : Manfaat, Khasiat dan Efek Samping Kunyit

Kunyit, Kunir, Curcuma longa, Curcuma domesticaKunyit atau biasa disebut Kunir adalah tanaman yang memiliki ciri fisik dengan batang semu, tersusun dari pelepah daun dan agak lunak. Nama latin dari kunyit yaitu Curcuma longa atau Curcuma domestica. Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah-rempah serta tanaman obat. Tumbuhan kunyit berasal dari wilayah Asia Tenggara dan menyebar ke berbagai daerah termasuk di Indonesia.

Di Indonesia, kunyit biasa digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan dan menjadi bumbu khas masakan Indonesia. Selain itu, kunyit digunakan juga sebagai jamu tradisional untuk kesehatan serta kecantikan.

Jenis Jenis Kunyit

1. Temu Mangga

Temu Mangga, Curcuma ManggaTemu Mangga atau dalam bahasa latin Curcuma Mangga adalah salah satu jenis tumbuhan kunyit. Temu Mangga juga disebut kunyit putih atau kunir putih.

Kunyit putih memiliki manfaat sebagai Antioksidan, penangkal racun, penurun panas dan banyak lagi khasiat lainnya.


2. Temu Putih

Temu Putih atau dalam bahasa latin Curcuma Zedoaria adalah juga merupakan jenis kunyit sebagai tanaman obat. Temu putih disebut juga dengan Temu Kuning.

Memiliki berbagai menfaat khususnya yang berkaitan dengan pencernaan. Penelitian di Cina, Temu Putih digunakan untuk Antikanker digunakan pada treatment kanker serviks.


Manfaat, Khasiat dan Efek Samping Kunyit


Selain sebagai pelengkap bumbu masakan, kunyit ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Bahkan dari berbagai penelitian, kunyit dapat digunakan sebagai anti kanker. Namun, kunyit juga memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah Manfaat, Khasiat dan efek samping kunyit :


Manfaat dan Khasiat Kunyit untuk Kesehatan

1. Kunyit Untuk Kesehatan Lambung

Kunyit memang berkhasiat untuk hal yang berkaitan dengan pencernaan. Kunyit dapat mencegah infeksi bakteri, maka dari itu mengkonsumsi kunyit dapat meredakan perih pada lambung.

2. Amandel

Dengan menkonsumsi kunyit setiap hari, maka amandel akan sedikit demi sedikit mengalami penyusutan.

3. Batuk

Kunyit juga mampu menyembuhkan batuk. Jika Anda mengalami batuk, mengkonsumsi kunyit baik untuk meredakan batuk.

4. Kunyit Untuk Kesehatan Jantung

Ekstrak dari kunyit yang miliki zat Anti-oksidan serta Anti-inflamasi mampu mencegah serangan jantung pasca operasi bypass. Kunyit dapat dikonsumsi setiap hari dalam jumlah yang sesuai, maka dapat menyehatkan jantung.

5. Mencegah Pertumbuhan Tumor dan Sel Kanker

Kandungan yang terdapat pada kunyit dipercaya mampu mencegah pertumbuhan sek kanker dan juga tumor.


Manfaat dan Khasiat Kunyit Untuk Kecantikan

1. Kunyit untuk Mencegah Penuaan Dini

Nutrisi yang terkandung dalam kunyit memiliki khasiat untuk memulihkan kerutan serta menghambat penuaan. Caranya dengan menggunakan kunyit sebagai marker.

2. Kunyit Untuk Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok mungkin sangat mengkhawatirkan bagi kita. Untuk mencegahnya kita perlu mengambil langkah untuk melakukan pecegahan. Salah satu caranya dengan mengoleskan parutan kunyit pada kepala.

3. Kunyit untuk menghaluskan Kulit dan mengangkat sel kulit mati

Memiliki kulit yang kasar atau berkerak akan sangat mengganggu penampilan. Maka dari itu perlu menghaluskan dengan cara yang alami menggunakan kunyit. Caranya dengan mengoleskan kunyit yang telah dicampur minyak kelapa pada bagian kulit yang kasar serta berikan pijitan ringan. Untuk mengangkat sel kulit mati, buat kunyit menjadi scrub dengan mencampurkan kunyit dengan tepung chickpea.

4. Kunyit untuk mengatasi Jerawat

Nutrisi yang terkandung dalam kunyit memiliki khasiat untuk memulihkan wajah dari jerawat. Caranya dengan menggunakan kunyit sebagai marker.

5. Kunyit untuk mengatasi kulit berminyak

Nutrisi yang terkandung dalam kunyit memiliki khasiat untuk mengurangi minyk pada kulit wajah. Caranya dengan menggunakan kunyit sebagai marker.


Efek Samping Kunyit

Selain memiliki banyak manfaat bagi tubuh, mengkonsumsi kunyit secara berlebihan juga menimbulkan efek samping bagi tubuh. Beberapa orang mengalami masalah sakit pada perut serta diare.

1. Menimbulkan Masalah Pada Lambung

Efek samping mengkonsumsi kunyit dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan masalah pada lambung. Hal tersebut karena sifat pedas yang terkandung dalam kunyit.

2. Ganguan pada Rahim

Efek samping mengkonsumsi kunyit secara berlebihan pada wanita hamil dapat menstimulasi rahim yang dapat mendorong aliran menstruasi.

3. Efek kemoterapi

Dari penelitian, kunyit mempunyai efek pada kemoterapi. Sehingga bagi Anda yang sedang dalam proses kemoterapi untuk tidak mengkonsumsi kunyit.


Kesimpulan

Tidak di pungkiri bahwa kunyit memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh, namun kunyit juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, silahkan Anda mengkonsumsi kunyit sesuai dengan kebutuhan atau dalam batas wajar.

Berita Terkait Lainnya