Batu Karang Butuh Waktu Berapa Lama Untuk Tumbuh

Terumbu KarangBatu karang adalah batuan indah yang ada di dasar laut. Karang termasuk dalam jenis hewan yang tidak bertulang belakang yang mampu membentuk kerangka kapur. Kerangka kapur terbentuk karena adanya tumbuhan alga mikroskopik yang memberi warna pada karang.

Alga mikroskopik mempunyai warna kuning dan coklat. Karang memiliki satu lubang yang berfungsi sebagai mulut dan anus. Lubang tersebut dikelilingi tentakel yang memiliki fungsi untuk menangkap makanan.

Berapa lama batu karang tumbuh ? Karang masif membutuhkan waktu 1 tahun untuk dapat tumbuh setengah centimeter. Sedangkan karang bercabang mampu tumbuh tujuh centimeter pertahun. Karang masif merupakan karang yang tahan terhadap perubahan lingkungan dan bisa berumur hingga ratusan tahun.

Pertumbuhan karang dimulai dari proses reproduksi, dari hasil pembuahan akan menghasilkan larva. Sekumpulan karang tersebut disebut terumbu karang. Manfaat terumbu karang adalah sebagai sumber makanan ikan karena mengandung protein yang tinggi.

Berita Terkait Lainnya