Sutan Syahrir : Perdana Menteri Pertama di Indonesia

Sutan Syahrir : Perdana Menteri Pertama di Indonesia
Sudah pada tahu belum siapa perdana menteri pertama kali di Indonesia ? Sutan Syahrir adalah perdana menteri pertama kali di Indonesia. Sutan Syahrir lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat, pada tanggal 5 Maret 1909. Sutan Syahrir menjabat mulai pada tanggal 14 November 1945 hingga 20 Juni 1947. Banyak yang belum tahu tentang Pahlawan Nasional ini, Sutan Syahrir berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Sutan Syahrir adalah tokoh yang mewakili Indonesia dalam perundingan Linggar Jati. Apa itu perundingan lingga Jati ? Adalah Perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggar Jati, Jawa Barat. Perundingan yang menghasilkan persetujuan status kemerdekaan Indonesia.

Sutan Syahrir pernah di asingkan di pulau Banda Neira pada tahun 1936. Rumah peninggalah Sutan Syahrir terletak di Jalan Rumah budaya, Banda Neira. Beberapa peninggalan Sutan Syahrir masih tersimpan disana. Untuk mengenang Jasa Sutan Syahrir, salah satu pulau di Banda Neira dinamakan Pulau Syahrir. Dinamakan pulau Syahrir karena pulau tersebut merupakan salah satu tempat yang disukai dan sering dikunjungi Sutan Syahrir.

Berita Terkait Lainnya