Cara Menulis Artikel di Blog Blogger dengan Baik dan SEO Friendly

Bagaimana Cara Menulis di Blog Blogger dengan BaikMempunyai Blog adalah salah satu cara untuk menuangkan ide, gagasan ataupun catatan. Dengan menulis di Blog, maka artikel Anda akan dapat dilihat oleh seluruh pengguna internet. Bahkan, kini blog juga digunakan sebagai alat untuk menghasilkan uang dengan hanya menulis. Jika Anda mendaftar blog gratis di Blogger, maka akan ada menu untuk monetize blog dengan Google Adsense.

Ayo buat blog kamu di Blogger ? Jika Anda belum memiliki blog maka Anda bisa membuatnya segera ( Baca : Cara Membuat Blog di Blogger ). Setelah selesai membuat Blog di Blogger maka Anda siap untuk menulis ide atau catatan Anda kedalam Blog. SoloFine akan memberikan tata cara dalam menulis di blogger dengan baik, benar, serta menulis agar seo friendly.

Cara Menulis di Blog Blogger


Tombol Menulis di BloggerSilahkan Anda masuk pada blog Anda di Blogger. Jika Anda memiliki beberapa blog yang telah Anda buat, silahkan pilih blog yang akan Anda gunakan. Kemudian klik pada tombol berwarna Orange, seperti pada gambar Dhasbord Blogger.



Maka akan tampil halaman editor  entri Blogger. Seperti pada gambar dibawah ini.

Halaman Post Editor Blogger

Petunjuk dalam menulis di Blogger

1. Pada kolom Entri beri judul artikel Anda.
Misalkan : " Cara Membuat Blog "
2. Tulis artikel Anda pada kolom editor entri.
Anda dapat memilih menulis dengan mode Compose dan HTML, agar lebih memudahkan Anda dalam menulis artikel setting pada mode Compose saja.

Pengaturan pada menu Setelan Entri


1. Pada kolom Label, silahkan masukkan label artikel Anda. pisahkan label dengan koma.
Misal : Blog, Tutorial, sesuaikan dengan topik artikel Anda.
2. Pada menu Jadwal, Anda dapat mengatur kapan artikel akan di publikasikan.
Otomatis : Akan menyesuaikan waktu ketika Anda mempublikasikan artikel.
: Artikel yang Anda publikasikan akan sesuai dengan setting yang Anda lakukan.
3. Pada menu Tautan Permanen, Anda bisa menyesuaikan url artikel Anda.
Tautan Permanen Otomatis: Maka akan otomatis mengambil dari judul artikel Anda.
Tautan Permanen Khusus : Anda bisa mengatur url artikel sesuai keinginan Anda. 
4. Pada Menu Lokasi, Anda bisa menentukan lokasi Anda pada artikel tersebut.

5. Pada menu Deskripsi Penelusuran,
Silahkan beri deskripsi singkat tentang artikel Anda. Ini akan muncul pada pencarian di mesin pencari.
6. Pada menu pilihan, silahkan setting sesuai yang Anda inginkan.
Mode Tulis : Pilih Tunjukkan HTML apa adanya
Mode Baru : pilih Tekan " Enter " untuk baris baru
Jika Anda telah selesai menulis artikel, Anda bisa langsung mempublikasikan artikel Anda dengan klik tombol Publikasikan. Tombol Simpan untuk menyimpan artikel Anda. Tombol Pratinjau untuk melihat pratinjau dari artikel Anda. Tombol Tutup untuk keluar dari editor artikel.


Cara Menulis di Blog dengan Baik dan SEO Friendly


Menulis di blog dengan baik dan seo friendlyTulisan artikel yang baik adalah artikel yang dapat dengan mudah dipahami serta memberikan manfaat bagi pembaca. Seperti apa artikel yang baik dan SEO Friendly ?

1. Tentukan Topik Artikel Anda

Topik adalah hal yang penting dalam sebuah artikel. Sebelum Anda menulis, pastikan Anda memahami topik yang hendak Anda tuliskan. Dengan memahami topik, maka Anda dapat dengan mudah menuliskannya, walaupun dengan artikel yang panjang.

2. Tentukan Judul Artikel

Setelah Anda mengetahui topik tulisan Anda, berikan judul yang sesuai dengan topik. Misalkan topik Anda tentang " Tata Cara Menulis di Blog " maka Anda bisa menambahkan judul yang berkaitan dengan topik, seperti " Cara Menulis di Blog Yang baik " dan lainnya.

3. Pemilihan Bahasa

Jika Anda telah menentukan topik artikel, selanjutnya pilih gaya bahasa yang tepat tentang topik Anda. Misalnya Anda adalah anak muda yang akan menulis tentang kisah Anda dalam blog pribadi. Anak muda identik dengan tata bahasa gaul, maka Anda dapat menambahkan kata-kata gaul " Gue " " Elo " " End " dan lain sebagainya. Atau jika blog Anda memiliki target anak muda, maka Anda bisa menggunakan kata " Guys " dan kata lainnya. Namun jika target blog Anda adalah umum, maka sebaiknya gunakan bahasa yang umum dan jelas serta mudah dipahami.

3.  Tata Letak Tulisan

Terkadang banyak pembaca blog akan malas untuk membaca jika melihat tata letak tulisan acak-acakan. Maka dari itu, buat tulisan dengan tata letak yang baik. Misalkan agar tidak berantakan maka setting dengan tata letak tulisan rata kanan dan kiri, Anda juga dapat menambahkan heading mulai h1, h2, h3 pada tulisan artikel, agar tampilan lebih menarik dan seo Friendly.

4. Tambahkan Gambar

Menambahkan gambar pada artikel sangat baik untuk memberikan gambaran pada pembaca. Dengan menambahkan gambar, artikel Anda akan lebih terlihat hidup dan menarik untuk dibaca.

5. Jumlah Kata Pada Artikel

Dalam menulis memang tidak ada batasan jumlah kata ( panjang tulisan ). Yang terpenting adalah inti dari artikel yang Anda tulis dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca. Namun, usahakan untuk membuat artikel dengan panjang yang tidak terlalu pendek dan juga tidak terlalu panjang.

Berita Terkait Lainnya