Apa Sih Perbedaan Ikan Tuna dengan Ikan Tongkol ?

Ikan TunaPada tahu tidak perbedaan ikan tuna dan ikan tongkol ? Kalau dilihat dari bentuk memang tidak ada perbedaan antara ikan tuna dan ikan tongkol. Ikan tuna biasanya memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan ikan tongkol. Ikan tongkol sendiri sebenarnya masih satu kelompok dari ikan tuna yaitu dari keluarga Scombridae. Hanya saja istilah tuna di pakai untuk ikan tuna yang besar sedangkan tongkol untuk ikan tuna yang kecil.

Ikan tuna merupakan ikan perenang yang cepat, kecepatan berenang ikan tuna yang pernah tercatat adalah 77 km/jam. Ikan tuna termasuk ikan yang berenang tanpa henti, hal tersebut untuk menjaga keseimbangan tubuh dan mendapatkan oksigen. Ikan tuna hidup di laut yang lebih dalam, kedalamannya sekitar 60 meter hingga ratusan meter. Berbeda dengan ikan tuna, ikan tongkol hidup di permukaan laut dengan maksimal kedalaman 60cm.

Ukuran tuna bisa memiliki panjang tubuh hingga 2 meter dengan berat lebih dari 50 Kg. Sedangkan Ikan tongkol panjangnya hanya 50 Cm saja.

Berita Terkait Lainnya